Jangan Salah! Ini Cara Merawat Anggrek Bulan yang Benar

Jangan Salah! Ini Cara Merawat Anggrek Bulan yang Benar – Tanaman bunga, sejak dulu diberikan perhatian lebih oleh masyarakat sebab keindahannya yang memesona. Tak ayal, sering kita jumpai tanaman bunga menghiasi taman rumah mereka yang  salah satunya tanaman bunga anggrek ini. Spesies bunganya yang beragam membuat bunga angrek banyak diminati masyarakat, utamanya anggrek bulan. Bahkan tidak hanya digunakan sebagai pemanis taman saja, bunga ini banyak dipilih petani tanaman untuk dijadikan bahan penghasil keuntungan usahanya.

Tapi sayangnya, tidak semua petani dan pecinta tanaman mengetahui cara merawat anggrek bulan yang benar. Akibatnya bunga anggrek bulan tidak berbunga lebat bahkan ada yang sampai mati. Petani tanaman pemula yang belum mengetahui perawatannya yang tepat cenderung mengalami kerugian cukup besar, begitu pula dengan Anda yang menanam bunga anggrek bulan di rumah. 

Antisipasi mengenai masalah ini, tentu Anda membutuhkan tips merawat anggrek bulan yang benar. Karena tanaman ini cukup menyokong pertumbuhan perekonomian Anda sebagai petani jika ditanam dengan perawatan yang tepat. Buat Anda yang hanya menjadikan bunga ini sebagai hiasan taman saja, juga cermati panduan perawatannya berikut ini supaya taman rumah Anda semakin indah dengan pesona anggrek bulan!

Amati Kondisi Sinar Matahari

Sinar matahari dikenal sebagai sumber energi yang paling dibutuhkan oleh tumbuhan, khususnya dalam proses fotosintesis. Tidak menutup fakta juga pada tanaman anggrek bulan, sinar matahari yang cukup memenuhi pertumbuhannya merupakan kebutuhan bunga yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Hanya saja, tanaman bunga ini berbeda dengan tanaman lain pada umumnya. Anda harus memperhatikan kondisi sinar matahari yang diterima anggrek bulan di tempat ia tumbuh. Tanaman ini tidak tahan dengan sinar matahari berlebih untuk pertumbuhannya. Meletakkan tanaman ini pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung, solusi yang tepat untuk keberlangsungan hidupnya agar tetap mekar dengan indah.

Alasannya, sinar matahari berlebihan membuat tanaman anggrek bulan pertumbuhannya jadi kerdil. Untuk mengetahui anggrek bulan menerima terlalu banyak sinar matahari adalah dengan warna daunnya akan berubah kecokelatan akibat terbakar. Sedangkan yang kurang disinari matahari cenderung berwarana hijau pucat kekuningan. Berbeda ketika sinar matahari yang diserap bunga anggrek bulan cukup, daunnya akan nampak hijau cerah berseri.

Bunga Papan

Jaga Suhu dan Kelembapan Udara

Cara merawat anggrek bulan selanjutnya menjaga suhu dan kelembapan. Di daerah tropis ini, Anda tidak perlu repot untuk memberikan tempat yang suhu dan kelembapannya stabil untuk anggrek bulan. Hanya saja perlu Anda ketahui detailnya bahwa pada siang hari temperatur suhu yang dibutuhkan tanaman bunga anggrek bulan 30 derajat Celsius, sementara untuk malam harinya 23 derajat Celsius. 

Suhu dengan temperatur 18°-24° C juga cukup disukai tanaman anggrek bulan. Pada temparatur ini, otomatis udara yang diterima anggrek bulan cukup sejuk, Anda bisa mengupayakannya dengan memasang kipas-kipas angin di sudut bagian atas tempat tumbuhnya bunga sebagai sarana sirkulasi dan penyejuk udara.

Jika Anda berani meletakkan bunga anggrek bulan pada tempat yang bertemperatur tinggi kemungkinan dehidrasi akibat penguapan yang terlalu tinggi dan kualitas bunga akan buruk, baik bunganya bahkan secara keseluruhan dari tanaman anggrek bulan akan terjadi.

Mengenai kelembapan udara yang ideal untuk pertumbuhan anggrek bulan hanya sekitar 60%. Anda bisa mengupayakan kebutuhan ini dengan membuat kolam di bawah pot anggrek. Usahakan jangan sampai terlalu lembab, sebab kelembapan udara yang berlebihan akan membuat tanaman anggrek ditumbuhi jamur yang bisa mengakibatkan kerusakan pada tanaman.

Produk Terlaris

Letakkan di Ruangan dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Jika Anda ingin meletakkan anggrek bulan di bagian ruangan rumah Anda, maka cara merawat anggrek bulan yang tepat ialah pastikan jangan di tempat yang tertutup, sebab anggrek butuh sirkulasi udara yang baik untuk menyokong pertumbuhannya. 

Siram Anggrek Bulan sesuai Kebutuhan Airnya

Berikutnya, Anda harus memperhatikan tekhnik penyiramannya. Pastikan menyiram bunga anggrek pada tiap pagi dan sore. Adapun jam penyiraman bunga di pagi hari yang baik sekitar pukul 07.00 – 09.00 dan untuk sore harinya bisa pukul 16.00 – 18.00 sore. Akan tetapi, berbeda jika cuaca di tempat tersebut sangat tinggi, usahakan bunga anggrek bulan disiram sampai 3 kali sehari untuk meminimalisir daun bunga terbakar. 

Sedangkan untuk tekhnik penyiramannya, menyemprotkan air ke dekat bagian akar bunga membuat tanaman anggrek bulan tumbuh lebih baik. Pastikan air yang digunakan air yang bebas dari larutan kimia atau obat-obatan dan juga bersih dari kotoran apapun. 

Terapkan Pemupukan dengan Benar

Cara merawat anggrek bulan juga membutuhkan pupuk tidak hanya cukup air saja. Untuk itu, melakukan pemupukan dengan intesitas satu kali seminggu, upaya yang perlu sangat Anda perhatikan agar tanaman anggrek bulan dapat tumbuh subur dan indah. 

Tidak hanya berhenti di situ, dalam pemupukan ini jenis pupuk juga penting untuk diperhatikan. Di mana tumbuh kembang bunga akan lebih sempurna jika memilih jenis pupuk organik cair. 

Cegah Hama yang Berbahaya 

Ancaman hama berbahaya tidak hanya berlaku pada tanaman lainnya, untuk itu cara merawat anggrek bulan juga penting untuk memperhatikan pencegahan hama, yang salah satu di antaranya lalat dan jamur. 

Jika di ruangan, taman atau ladang tempat anggrek bulan tumbuh terdapat hama seperti lalat, maka solusi efektif pencegahan yang harus Anda lakukan, meletakkan lem anti lalat yang sudah ditempelkan pada ranting kayu atau sedotan, lalu pasang menggelantung di dekat tanaman anggrek bulan.

Tidak hanya dengan lem anti lalat, penggunaan insektisida dan fungisida juga perlu Anda terapkan untuk pencegahan hama. Sebagaimana fungsinya, insektisida sendiri memang bahan kimia yang khusus untuk membasmi serangga tanaman, terlebih tanaman bunga anggrek yang besar kemungkinan juga tidak luput dari serangan hama serangga. Sementara untuk fungisida, fungsinya memang untuk atasi hama seperti jamur.Nah, itulah beberapa cara merawat anggrek bulan yang benar supaya tetap tumbuh subur dan indah. Terkhusus untuk petani tanaman tips ini penting sekali diterapkan agar omzet penjualan tanaman bungan anggrek bulan lebih meningkat lagi. Lagi pula perwatannya cukup gampang bukan? Anda hanya perlu memperhatikan suhu dan kelembapan udara, penyiraman, pemupukan, sirkualasi udara, kebutuhan sinar matahari dan pencegahan hamanya. Selamat mencoba… 

Bagi kalian yang ingin berbelanja Anggrek bulan secara online bisa mengunjungi store kami di tokopedia dan website ini.

Leave a Reply